The Top 10 Tools I Use To Run My Online Coaching Business (3)

UMKM Go Digital Semakin Meningkat, Kendala Logistik Harus Diperhatikan

Dari data di atas, terlihat jelas bahwa perekonomian Indonesia sangat bertopang kepada UMKM. Bayangkan aja guys, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha. Artinya, jika di Indonesia ada 1000 unit usaha, maka 990-nya adalah UMKM!

 

Untuk mengoptimalkan peluang bisnis di era digitalisasi, sebanyak 30 juta UMKM ditargetkan untuk go digital pada tahun 2024. Fenomena ini tentunya akan menghadirkan segudang manfaat, khususnya bagi perekonomian masyarakat. Namun, dibalik manfaat dari banyaknya UMKM yang sudah go digital, terdapat beberapa tantangan bisnis. Salah satu tantangan tersebut adalah kendala logistik.

 

Kalian pasti sudah berpengalaman melakukan transaksi online, baik sebagai penjual (seller) atau sebagai pembeli (buyer), ‘kan? Nah, hampir semua orang yang melakukan jual beli online pasti pernah merasakan kendala paket yang terlambat, tertukar, bahkan hilang. Rasanya jengkel dan menyita waktu banget kan kalau hal itu terjadi?

 

Bayangkan bagaimana rumitnya jika nanti bisnis online semakin meningkat dibandingkan sekarang. Jika ekosistem logistik kita tidak ada inovasi yang bisa memberikan efisiensi dalam bisnis online, tentu kendala ini akan semakin menjadi-jadi. Oleh karena itu, diperlukan solusi yang cerdas dan terpadu dalam mengatasi kendala logistik ini agar bisnis online tetap dapat tumbuh dan memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pelaku usaha dan konsumen.

 

Menurut penelitian mandiri Lazada Indonesia pada 2020 lalu, sebanyak 65% dari UMKM di Indonesia mengaku bahwa masalah logistik termasuk salah satu tantangan terbesar dalam menjalankan bisnis online.

Tak Kenal Maka Tak Sayang, Yuk Kenali Harapan dan Kebutuhan Online Seller dan Buyer

Sebagai seorang online buyer (pembeli online) dan mantan online seller (penjual online), saya mampu melihat bisnis online dari sudut pandang yang lebih luas, seperti melihat dua sisi berbeda dari satu koin yang sama. Karena hal ini lah saya jadi lebih mudah berempati dengan kedua belah pihak, sebab saya mengerti keinginan dan kebutuhan masing-masing.

Online Buyer’s POV (Perspektif Pembeli Online)

Kiriminaja review aplikasi kirim paket

Sobat online seller harus tahu, seberapa besar intensitas kebahagiaan spontan yang menyeruak di hati para buyer saat suara “Pakeeet…” terdengar dari luar rumah. Membuka paket adalah momen yang dinanti-nanti. Sensasi unboxing paket itu seperti sedang buka bungkus kado (yang dibeli sendiri).

 

Kebayang kan kecewanya mereka kalau paket yang dinanti-nanti terlambat datang, rusak di perjalanan, isi paket tidak sesuai, pengembalian paket dipersulit, dan lain-lain. Ketahui lah, kotak kardus dan plastic bubble wrap itu tidak hanya berisi produk, tetapi juga terselip ekspektasi buyer.

Metode Pembayaran Paling Sering Digunakan di Transaksi Daring (2022)

Sumber: Data Indonesia

No Data Found

Selain itu, saya juga mencoba memahami perspektif online buyer yang tidak memiliki rekening bank seperti nenek saya di rumah. Beliau rutin scrolling Facebook Marketplace untuk membeli produk seperti obat-obatan herbal dengan metode COD. Para orang tua ini, kalau belanja online, nominal belinya gak main-main lho guys. Bisa jutaan! UMKM lokal auto senyum kalau punya pelanggan loyal dan royal macem nenek saya dan kawan-kawannya.

 

Saya tahu, beberapa online seller tidak mau ambil risiko untuk mengaktifkan layanan COD. Namun, saya kasih tahu nih. Banyak online buyer tanpa rekening bank yang justru memegang dana yang jauh lebih banyak untuk berbelanja (Khususnya para lansia pensiunan seperti kakek dan nenek saya).  Selain itu, mereka biasanya merupakan jenis customer yang lebih royal saat belanja. Sayang kan kalau segmen pasar ini tidak terjangkau oleh para online seller?

 

Singkatnya, harapan dan kebutuhan para online buyer adalah kenyamanan dan keamanan berbelanja, kecepatan pengiriman, serta opsi metode pembayaran yang fleksibel.

Online Seller’s POV (Perspektif Penjual Online)

Tahun 2016, saya merintis usaha jual beli barang bekas yang saya jual melalui aplikasi Carousell. Kala itu, kalau mau kirim orderan, saya harus bersepedah sambil nenteng orderan ke kantor ekspedisi terdekat. Kata “terdekat” saya bold yah guys, karena dulu saya mementingkan jarak daripada kualitas ekspedisi. Yang saya pilih waktu itu yang terdekat saja, karena saya tidak punya banyak pilihan ekspedisi.

 

Waktu itu, Perusahaan ekspedisi tak sebanyak sekarang. Kalau sekarang, perusahaan ekspedisi lebih beragam, ada yang merah, biru, ungu, hijau, pokoknya macem-macem. Maka dari itu, online seller jaman now harus lebih selektif dalam memilih ekspedisi.

 

Saya sudah beberapa kali dimarahi dan di-blacklist oleh buyer setiap kali ada orderan yang telat datang. Waktu itu, pernah ada orderan yang terlambat datang sampai 5 hari, padahal saya dan buyer berada di kota yang sama. Walaupun ini adalah kelalaian pihak ekspedisi, tetapi saya sebagai seller justru yang kena damprat. Alhasil, saya dikasih ‘hadiah’ bintang satu dari buyer waktu itu.

 

Ditambah lagi, jika buyer meminta retur barang, misalnya karena tertukar. Sudah merugi, ditambah lagi harus capek-capek bersepedah ke kantor ekspedisi. Saya pula yang nanggung biaya ongkirnya.


Bagi online seller, reputasi adalah nyawa. Maka dari itu, smart buyer harus bisa melatih empati kepada mereka. Selagi mereka masih bertanggung jawab terhadap orderan kalian, jangan terlalu mudah melabeli toko mereka dengan bintang satu yang dibalut dengan ulasan buruk.

 

Selain itu, kesalahan orderan itu tidak semata-mata salah seller. Ekosistem bisnis online, tidak hanya terdiri dari buyer dan seller, tetapi juga ada tim ekspedisi sebagai pihak pengantar. Oleh karena itu, mengetahui perusahaan ekspedisi mana yang berkualitas dan terpercaya, akan sangat membantu online seller.

 

Melihat kedua perspektif ini, saya semakin menyadari bahwa kunci sukses dalam bisnis online tidak melulu bergantung pada produk yang berkualitas atau banyaknya produk yang berhasil terjual, tetapi juga bergantung kepada kepuasan pelanggan dan efisiensi kerja partner logistik.

KiriminAja Aplikasi kirim paket untuk bisnis online

Apa itu KiriminAja? KiriminAja adalah perusahaan agregator logistik. Agregator adalah penyedia jasa yang mempertemukan berbagai pihak yang berkepentingan.

 

Sebagai gambaran, agar memudahkan saya berikan contoh aplikasi Traveloka yang merupakan agregator penerbangan.  Traveloka berperan sebagai platform yang mempertemukan maskapai penerbangan, pengelola penginapan, dan pelanggannya. Sementara, KiriminAja mempertemukan penjual online, pihak ekspedisi, dan pembeli.

 

Aplikasi KiriminAja berperan sebagai aplikasi pengiriman paket dengan metode pengiriman COD dan non-COD dengan berbagai pilihan perusahaan ekspedisi yang tersedia pada aplikasi KiriminAja.

 

Jadi, online seller bisa menggunakan aplikasi KiriminAja untuk mengirimkan orderan ke pelanggan. Setelah kamu menginput data orderan yang ingin dikirim pada aplikasi KiriminAja, kurir akan langsung datang untuk pick up orderan ke rumah atau toko kamu. Kamu sebagai seller bisa memantau pergerakan kurir secara live melalui aplikasi.

 

Dengan misi Connect to Make an Impact, KiriminAja menyediakan layanan dan fitur eksklusif yang bikin profit bisnis online kamu semakin massif. Berikut 6 layanan dan fitur aplikasi KiriminAja yang menjadikannya salah satu agregator logistik terbaik di Indonesia, nomor 3 paling inovatif!

1. KiriminAja Menyediakan Kurir dari Beragam Perusahaan Ekspedisi Unggulan yang Berbeda-Beda

Sama kaya milih pacar, milih jasa ekspedisi zaman sekarang juga gak bisa sembarangan. Apalagi untuk bisnis rintisan dan/atau UMKM. Nah, dengan KiriminAja, para online seller punya banyak sekali pilihan kurir dari Perusahaan ekspedisi yang berbeda-beda. Para online seller gaperlu lagi galau milih partner ekspedisi yang sesuai kebutuhan.


Mau cari yang ongkirnya murah? Ada. Cari yang 24 jam sampe alias instan? Ada. Cari yang nyediain voucher diskon? Ada. Cari ekspedisi yang bisa COD? Apalagi! Seller butuh ekspedisi yang mana? KiriminAja!


Berikut daftar Perusahaan ekspedisi yang bekerja sama dengan KiriminAja:

perusahaan ekspedisi yang bermitra dengan KiriminAja

2. KiriminAja Punya Fitur Cek Ongkir untuk Membandingkan Harga Ongkir dari Setiap Perusahaan Ekspedisi

Online seller pasti hobi bolak-balik cek Google untuk membandingkan ongkir satu per satu, kan? Nah, dengan KiriminAja, seller bisa dengan mudah melihat perbandingan harga ongkir antara perusahaan ekspedisi satu dengan perusahaan ekspedisi lainnya. Mulai dari harga ongkir regular, instan, hingga harga ongkir COD pun tersedia.


Dengan mengetahui perbandingan harga ongkir, online seller dapat memilih opsi pengiriman terbaik berdasarkan harga yang paling kompetitif dan mengoptimalkan biaya pengiriman untuk meningkatkan keuntungan.


Berikut cara membandingkan harga ongkir menggunakan fitur cek ongkir pada aplikasi KiriminAja:

Cara cek ongkir aplikasi kirim paket KiriminAja
Cara cek ongkir aplikasi kirim paket KiriminAja

3. KiriminAja adalah Pelopor Fitur COD Advance

COD Advance kiriminAja

Apa sih COD Advance itu? Proses pencairan dana dari metode COD, selama ini ‘kan dilakukan setelah 1×24 jam dari sejak produk tiba di alamat pembeli. Nah, dengan COD Advance, dana pembelian produk dari pengiriman secara COD bisa langsung cair ke rekening seller bahkan sebelum produk tiba di alamat pembeli.


Jadi, seller akan menerima maksimal 50% dana pembelian, bahkan saat kurir masih dalam perjalanan menuju alamat pembeli. Dengan mendapatkan sebagian dana pembelian lebih awal, seller dapat meningkatkan cash flow bisnisnya tanpa harus menunggu waktu pencairan yang biasanya lebih lama. Sehingga, keuntungan COD Advance bukan hanya sebatas pada percepatan pencairan dana, tapi juga memberikan fleksibilitas dan likuiditas yang lebih besar kepada seller.


Selain itu, mekanisme ini dapat memberikan kepercayaan tambahan kepada online seller dalam menjalankan bisnis online. Dengan mendapatkan 50% dana pembelian sebelum produk sampai ke tangan pembeli, seller memiliki kepastian finansial yang lebih baik, mengurangi risiko terkait pembayaran dan meningkatkan kenyamanan dalam mengelola transaksi COD.


Dengan memanfaatkan COD Advance, KiriminAja tidak hanya memberikan solusi untuk meningkatkan likuiditas seller, tetapi juga merangkul kebutuhan dan tantangan bisnis online secara holistik.

4. KiriminAja Permudah Manajemen Pengembalian Paket (Retur)

Sebagai online seller, hambatan-hambatan pengiriman paket seperti:
– Alamat penerima tidak ditemukan
– Penerima tidak mau menerima paket (kebanyakan dalam kasus COD)
– Penerima tidak bisa dihubungi
– Paket termasuk barang yang dilarang atau melanggar UUD 1945, dan lain-lain;
biasanya sulit dihindari.

 

Namun, KiriminAja sebagai agregator logistik terpercaya dan terintegrasi, dapat memudahkan sahabat online seller untuk mengelola proses pengembalian paket.

 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa KiriminAja sudah bermitra dengan banyak perusahaan ekspedisi terpercaya. Nah, masing-masing perusahaan ekspedisi tersebut memiliki kebijakannya sendiri terkait proses pengembalian paket ini. Kamu tinggal pilih ekspedisi mana yang kebijakan returnya paling menguntungkan.

 

Mengutip dari laman “Syarat dan Ketentuan” pada website KiriminAja, berikut adalah contoh kebijakan retur dari beberapa perusahaan ekspedisi:
– AnterAja: 50% dari biaya berangkat
– J&T Cargo: 60% ongkos kirim berangkat
– J&T Express, Lion Parcel, Paxel: 100% ongkos kirim kembali
– NCS Kurir, Sentral Cargo: 100% dari ongkos kirim berangkat
– GoSend, Grab, JNE, Sicepat, Ninja,SAP Express, ID Express tidak dipungut biaya retur

5. Mendukung Fitur Satria Lite dari SAP Express

Satria Lite KiriminAja

Fitur unik lain yang juga akan menguntungkan para pemilik bisnis online adalah Satria Lite. Dengan fitur ini, paket di bawah 0,51 kg tidak akan seharga paket 1 kg lagi. Satria Lite adalah solusi cerdas untuk pengiriman paket yang ringan. Dengan begini, UMKM dan bisnis online rintisan akan sangat terbantu dalam memaksimalkan profit.

 

Selain itu, bukan hanya tarif pengiriman yang semakin terjangkau terjangkau, KiriminAja juga menawarkan cashback penggunaan Satria Lite hingga 10% dan fee COD (Cash on Delivery) hanya 3%. Seneng banget kan ada agregator logistik yang berpihak dengan usaha kecil?

6. Memudahkan Monitoring Cashflow Logistik

Aplikasi kiriminAja untuk bisnis online

Dengan mengirimkan paket melalui aplikasi KiriminAja, sahabat online seller bisa dengan mudah mengelola aliran dana yang keluar dan masuk untuk keperluan logistik. Kamu jadi bisa mengetahui berapa banyak paket yang terkirim dalam jangka waktu tertentu, serta berapa paket yang dibatalkan, dan berapa banyak paket yang diretur.

 

Pada menu bar, pilih menu “Paket”. Pada halaman “Paket” dalam aplikasi, kamu bisa dengan mudah melihat aliran keluar masuk paketmu, baik aliran keluar masuk dalam sehari, seminggu, sebulan, dan lain-lain. Download aplikasinya dan langsung coba dulu deh, dijamin puas dengan kemudahan dan kesimpelan aplikasi KiriminAja.

KiriminAja untuk bisnis online

Kata Mereka

Satu hal yang terbesit dibenak saya saat melihat iklan aplikasi KiriminAja: “Kenapa gak dari dulu ada beginian???”. Sebagai online seller yang melakukan segalanya sendiri, aplikasi kirim paket seperti KiriminAja itu akan sangat membantu bisnis online, apalagi untuk UMKM yang mau go digital.

 

Bagaikan partner jualan setia yang serba bisa. Menghemat waktu dan tenaga. Bisnis jadi tenang, pengiriman orderan anti drama, hubungan seller dan buyer jadi makin mesra!

 

Saya berniat resign dari pekerjaan 9 to 5 saya dan memulai bisnis online lagi tahun depan. Untuk itu, saya sudah men-download aplikasi kirim paket KiriminAja dan mempelajari seluk beluknya untuk permudah calon bisnis saya.

 

Melalui tulisan ini, saya ingin meracuni teman-teman online seller untuk ikutan download KiriminAja. Hehe. Selain karena keunggulan aplikasinya seperti yang saya uraikan di atas, ada satu program dari KiriminAja yang super eksklusif dan helpful bagi UMKM dan calon pebisnis online, yaitu Akademi KiriminAja.

 

Akademi KiriminAja adalah platform belajar bisnis yang diisi oleh para pelaku bisnis online dan dapat diikuti secara gratis. Kamu bisa temukan ide konten bisnis serta masukan seputar bisnis online di sini. Gak percaya? Silahkan cek website Akademi KiriminAja!

 

Gimana? Tertarik pakai agregator logistik untuk bisnis kamu? Yuk, langsung aja download Aplikasinya dan rasakan manfaatnya. Bisnis online dijamin makin naik kelas!

 

Supaya makin mantap, kalian bisa baca testimoni para user KiriminAja di bawah ini!

iPhone 15 Vs iPhone 13: Gak Jauh Beda Spesifikasinya?

KiriminAja: Juaranya Kelola Paket, Bisnis Online Makin Meroket

4 Reasons Why ASUS Vivobook 14 A1400 is The Best Laptop for Bloggers

Sering Menang Lomba Blog Bersama ASUS Vivobook 14!

7 Rekomendasi Laptop Gaming Di Bawah 9 Juta

6 Rekomendasi Dash Cam Terbaik 2023, Berkendara Semakin Aman!

Scroll to Top