Raih Hakikat Produktivitas Bersama ASUS Zenbook DUO (UX8406)

ASUS Zenbook DUO (UX8406): Laptop Dua Layar Terbaik 2024

ASUS Zenbook DUO (UX8406)
komik ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Begitulah respons Bude saya ketika mendengar potongan lirik lagu Two Is Better Than One dari Boys Like Girls. Celetukan tersebut kemudian diiringi dengan wejangan seputar pernikahan dan nasihat klasik lainnya.

 

Nyatanya, dua memang belum tentu lebih baik daripada satu. Contohnya, seperti bude saya yang justru punya kualitas hidup lebih sejahtera saat menjanda, dibandingkan saat masih berdua dengan suaminya. Sebab, sang suami tidak bisa diajak berjalan atau berlari bersama menyusuri jalan berliku bernama ‘kehidupan’.

 

‘Jalan hidup’ itu kasar, berliku, kadang menanjak dan menurun, dipenuhi hal-hal tak terduga, sungguh berbahaya jika kawan seperjalanan kita tak bisa bersinergi dengan lekat, apalagi jika berkhianat. Bisa-bisa kita tersandung, tersesat, terjerat, atau terperangkap di jalan.

Alih-alih menjadi dukungan, malah jadi beban. Jadi, lebih baik ditinggalkan, bukan?

“Two are better than one if two act as one”

mitologi yunani tentang belahan jiwa

Maka dari itu, saya lebih setuju dengan ungkapan Mike Krzyzweski yang mengatakan bahwa “Two are better than one, if two act as one.” Jadi, dua bisa lebih baik dari satu, jika keduanya bertindak sebagai satu kesatuan.

 

Sejak dulu, dua insan yang berhasil bersinergi selalu mampu menciptakan hal-hal luar biasa.

 

Bahkan konon, terdapat mitos Yunani yang mengatakan bahwa, awalnya manusia itu diciptakan dengan dua kepala, empat kaki, dan empat tangan, tetapi dengan satu otak dan satu hati. Namun, karena dewa Zeus merasa terancam dengan kekuatan para manusia dengan wujud seperti itu, maka Ia memutuskan untuk membelah mereka. Sehingga, manusia tak lagi sekuat dulu, dan lahir dengan hasrat untuk selalu menemukan ‘belahan jiwanya’ hingga akhir hayatnya.

Lalu, kamu ingat film Lord of The Rings? Bayangkan bagaimana jadinya Frodo tanpa Sam! Entah bagaimana nasib Middle Earth jika Frodo hanya seorang diri berkelana menuju Mordor. Duh, tanpa adanya kerja sama antara Frodo dan Sam, tak akan ada akhir bahagia bagi masyarakat Middle Earth.

Sinergi atau keselarasan sejak dulu memang menciptakan hal yang luar biasa. Tak heran, kini dalam perkembangan teknologi, diciptakan inovasi seperti smartphone dengan dua kamera atau lebih, ponsel yang bisa disisipkan dua kartu sim (dual sim), hingga terdapat laptop dengan dua layar yang sedang booming di 2024 ini!

 

Menurut saya, dalam inovasi teknologi, salah satu perwujudan sejati dari filosofi kutipan “Two are better than one if two act as one” adalah ASUS Zenbook DUO (UX8406): Laptop dua layar terbaik 2024!

 

Penasaran kenapa ASUS Zenbook DUO (UX8406)  adalah laptop dua layar terbaik di dunia? Mau tahu bagaimana ASUS Zenbook DUO (UX8406) mampu mendongkrak produktivitas kamu? Dan siapa saja sih yang akan sangat terbantu dengan adanya laptop dua layar ini? Baca sampai habis yuk!

Hakikat Produktivitas

jawaban untuk pertanyaan: Apakah Anda bersedia bekerja lembur jika diterima bekerja di perusahaan kami?

Pada 2020 awal, saya diterima kerja di salah satu perusahaan properti terbesar di Singapura yang memiliki cabang di Jakarta. Nah, dari 200++ kandidat, saya lah yang dipilih sebagai assistant engineer di salah satu proyek mereka. Karena penasaran, saya bertanya kepada HRD: “Dari sekian ratus pelamar, kenapa saya yang akhirnya terpilih untuk bekerja di sini, kak? Apa yang spesial dari saya?”

 

Jawabannya cukup tak terduga lho teman-teman. Dia menjawab:

“Dari ratusan pelamar, hanya kamu yang punya potensi untuk bekerja secara efisien.”

“Saya tahu persis, mana ada sih karyawan yang suka lembur? Karyawan lembur karena terpaksa. Mau tak mau, iya kan?”

“Nah, kami tak perlu pekerja keras di sini, tapi kami perlu pekerja cerdas. Pekerja yang mampu memanfaatkan waktunya se-efisien mungkin agar tak perlu waktu ekstra. Pekerja yang bisa mengelola waktu, tenaga, serta prioritasnya sehingga tak perlu lembur-lemburan.”

“Lagian, kalau lembur kan banyak ruginya. Rugi di tenaga, di mana pegawai jadi mudah sakit. Kemudian, listrik yang terpakai di kantor jadi lebih banyak. Duh… di zaman krisis iklim gini, kita kudu lebih efisien menggunakan listrik, lho. Kita ini perusahaan yang sustainable.”

“Kalau gak urgent, untuk apa lembur? Bener gak?” Ucapnya disertai senyuman yang meledek.

Sibuk Vs Produktif

Tahu kah kamu bahwa “Sibuk” itu belum  tentu “Produktif”? Nah, kadang kita keliru membedakan antara “sibuk” dengan “produktif”. Orang yang sering lembur, sering bekerja multitasking, dan terlihat ‘sibuk’ itu belum tentu produktif lho teman-teman. Sebab, seseorang bisa dikatakan produktif hanya jika dia sudah ‘menghasilkan’ sesuatu yang berarti dari pekerjaannya.

 

Contoh, atasanmu yang terlihat hanya bekerja 3-4 jam sehari, mungkin lebih produktif karena dalam rentang waktu tersebut ia sudah mampu membuat keputusan besar yang mampu menarik klien baru.

 

Sementara, kolegamu yang bekerja 8-12 jam per hari bisa jadi tidak produktif. Misalnya, karena 70% waktu kerjanya digunakan untuk cyberloafing alias menelusuri gawai di waktu kerja, sementara hasil kerjanya hanyalah beberapa laporan dan korespondensi e-mail saja.  Atau bisa jadi ia selalu lembur karena kurang fokus terhadap pekerjaannya dan sering menunda-nunda.

 

Menurut laman U.S. BUREAU OF LABOR STATISTICS, produktivitas adalah perbandingan antara jumlah hasil (output) bisa berupa barang atau jasa, dibanding dengan jumlah sumber daya (input) yang diberikan untuk menghasilkan barang atau jasa tersebut.

 

Jadi, hakikat produktivitas adalah jika segala sumber daya seperti tenaga, waktu, dan uang yang kamu keluarkan (input)  sudah mampu menghasilkan sesuatu yang sepadan (output).

 

Di era digital ini, pilihan perangkat elektronik yang tepat dan mumpuni sangat berperan penting dalam meningkatkan produktivitas. Kebayang gak ketika kita sedang bergelut dengan segudang deadline kerja, tetapi laptop kita kurang mumpuni untuk multitasking? Atau saat kita sedang semangat-semangatnya untuk membuat karya, tetapi laptop kita sering berkendala saat menjalankan beberapa aplikasi tertentu? Pastinya sulit sekali untuk menyalurkan kreativitas kita dengan leluasa, bukan?

 

Nah, lantas, laptop yang bagaimana sih yang mampu membantu kita meraih hakikat produktivitas yang sesungguhnya?

ASUS Zenbook Duo (UX8406):Laptop Dua Layar Terbaik yang Mampu Dongkrak Produktivitasmu di 2024

Ada dua hal yang tersirat di benak saya saat pertama kali mendengar soal laptop dual-screen (laptop dua layar), yakni:

  1. ASUS
  2. Kutipan dari Mike Krzyzweski di atas

Mengapa?

 

Pertama, ASUS adalah pionir laptop dual-screen dengan dua layar sentuh OLED 3K 120 Hz, di mana masing-masing layarnya berukuran 14 inci, memiliki keyboard magnetik yang dapat dilepas pasang, dan memiliki fleksibilitas tinggi.

 

Saya pertama kali mendengar ASUS Zenbook DUO (UX8406) dari SuperSaf, salah satu tech reviewer terbesar di UK yang sudah lama saya ikuti di YouTube. Pemaparan produk ASUS Zenbook DUO ini meninggalkan kesan yang cukup dalam bagi saya. Sebab, bagaimana bisa sebuah laptop dengan dua layar mampu memiliki portabilitas dan fleksibilitas se-tinggi ini? Bagaimana bisa ASUS Zenbook DUO (UX8406) hanya dibandroll harga di bawah 35 Juta Rupiah, sementara laptop sejenis dari merek lain rata-rata di jual seharga 40-50 juta di pasaran?

 

Kedua, ASUS Zenbook Duo adalah perwujudan sejati dari filosofi kutipan “Two are better than one if two act as one”. Bekerja dengan laptop dan monitor eksternal tambahan memang belum tentu lebih baik daripada bekerja dengan satu perangkat saja. Karena meskipun kita dapat melihat layar dengan lebih leluasa, bekerja dengan dua perangkat sekaligus cukup merepotkan dan hanya bisa dilakukan di satu tempat.

 

Namun, ASUS Zenbook DUO mampu memberikan sinergitas pada kedua layarnya sedemikian rupa hingga dapat menyajikan pengalaman layaknya bekerja dengan dua perangkat secara terintegrasi dalam satu laptop. Dengan ASUS Zenbook DUO, kita bisa merasakan keleluasaan bekerja dengan dua layar tanpa harus mengorbankan kenikmatan dari  portabilitas dan fleksibilitas yang tinggi dari satu unit laptop.

 

Bayangin aja nih, kamu sedang buka video tutorial di layar pertama. Kemudian, sambil praktek langsung di layar kedua. Misalnya, kamu buka tutorial editing video di layar pertama, nah kamu bisa langsung praktek edit video di aplikasi editing di layar satunya. Otomatis, proses belajar editing kamu bakal lebih nyaman dan efisien, bukan?

 

Eits, tapi bukan cuma itu. Masih banyak skenario aktivitas yang akan sangat efektif jika dilakukan dengan laptop dua layar, lho! Nah, kira-kira tipe pengguna yang seperti apa sih yang akan sangat banyak menerima manfaat jika memiliki laptop dual screen seperti ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini?

9 Jenis Pengguna yang Paling Cocok Menggunakan Laptop Dua Layar seperti ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Jika kamu bekerja atau beraktivitas sehari-hari dengan konfigurasi layar seperti gambar di atas, artinya ASUS Zenbook DUO (UX8406) akan menjadi game changer buat kamu! Konfigurasi kerja dengan dua layar seperti gambar di atas, memberikan ruang pandang yang lebih luas, sehingga kita sebagai pengguna tidak akan mudah terdistraksi untuk bolak-balik beralih dari satu tab ke tab lainnya.

 

Namun, kekurangan dari bekerja dengan layar eksternal adalah portabilitas yang rendah. Kamu hanya bisa bekerja dengan konfigurasi ini di satu tempat saja. Nah, dengan ASUS Zenbook DUO (UX8406), kamu bisa menikmati keleluasaan dan kenikmatan bekerja dengan dua layar di mana saja dan kapan saja!

 

Ini dia jenis-jenis pengguna yang akan sangat diuntungkan jika memiliki ASUS Zenbook DUO (UX8406)!

1. Pekerja Profesional dengan Mobilitas Tinggi

Pengguna ASUS Zenbook DUO (UX8406): laptop dua layar terbaik 2024

Zenbook DUO adalah perangkat yang sempurna untuk pekerja mobilitas tinggi, dan untuk para pekerja remote atau hybrid. Contohnya, untuk yang sering berpindah tempat meeting, sering kunjungan dinas, sering bertemu klien di tempat berbeda-beda, dan lain-lain.

 

Zenbook DUO menyajikan kenyamanan layaknya bekerja dengan laptop dan monitor eksternal seperti di rumah atau di kantor. Jadi, kamu bisa merasakan kenyamanan bekerja dengan dua layar di kafe, rumah teman, bahkan di tempat-tempat yang memiliki ruang kerja sempit, seperti di kereta atau di pesawat.

 

Bayangin aja dulu nih. Kamu lagi zoom meeting dan ingin mencatat apa yang sedang dibahas dalam meeting tersebut. Dengan ASUS Zenbook DUO (UX8406), layar pertamanya bisa kamu gunakan untuk buka zoom, kemudian layar satunya untuk mencatat poin-poin penting dari materi yang disampaikan.

 

Selain itu, saat kamu harus membuat materi presentasi, kamu bisa menyusun PPT di layar aktif, kemudian layar lainnya bisa kamu gunakan untuk browsing sumber materi untuk PPT tersebut. Bakal efektif banget, kan? Dengan begini, kamu bisa menghilangkan distraksi. Sebab, kamu gak perlu lagi terlalu sering beralih dari satu tab ke tab lainnya. Ini game changer banget untuk orang yang sering lupa dan mudah terdistraksi.

 

So, banyak deadline kerja yang mepet? Siapa takut!

2. Pengusaha

Zenbook DUO adalah perangkat yang sempurna untuk pekerja mobilitas tinggi, dan untuk para pekerja remote atau hybrid. Contohnya, untuk yang sering berpindah tempat meeting, sering kunjungan dinas, sering bertemu klien di tempat berbeda-beda, dan lain-lain.

 

Zenbook DUO menyajikan kenyamanan layaknya bekerja dengan laptop dan monitor eksternal seperti di rumah atau di kantor. Jadi, kamu bisa merasakan kenyamanan bekerja dengan dua layar di kafe, rumah teman, bahkan di tempat-tempat yang memiliki ruang kerja sempit, seperti di kereta atau di pesawat.

 

Bayangin aja dulu nih. Kamu lagi zoom meeting dan ingin mencatat apa yang sedang dibahas dalam meeting tersebut. Dengan ASUS Zenbook DUO (UX8406), layar pertamanya bisa kamu gunakan untuk buka zoom, kemudian layar satunya untuk mencatat poin-poin penting dari materi yang disampaikan.

 

Selain itu, saat kamu harus membuat materi presentasi, kamu bisa menyusun PPT di layar aktif, kemudian layar lainnya bisa kamu gunakan untuk browsing sumber materi untuk PPT tersebut. Bakal efektif banget, kan? Dengan begini, kamu bisa menghilangkan distraksi. Sebab, kamu gak perlu lagi terlalu sering beralih dari satu tab ke tab lainnya. Ini game changer banget untuk orang yang sering lupa dan mudah terdistraksi.

 

So, banyak deadline kerja yang mepet? Siapa takut!

3. Freelance Creative

Pengguna ASUS Zenbook DUO (UX8406): laptop dua layar terbaik 2024

Freelance creative seperti graphic designers, photographers, penulis, bloggers, content creators, dan lain-lain akan sangat banyak menerima manfaat jika memiliki laptop dua layar.

 

Untuk membuat konten, baik itu gambar 2D, 3D, website, video pendek, sampai video panjang, pastinya akan butuh banyak referensi, bukan? Nah, dengan laptop dua layar, kita bisa menggunakan layar pertama untuk menampilkan referensi, seperti moodboard, kemudian kita bisa aktif mengerjakan proyek pada layar lainnya.

4. Jurnalis

ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga bisa jadi alat penunjang pekerjaan jurnalis. Layar pertama pada laptop bisa dimanfaatkan untuk menyetel rekaman suara atau video yang sudah diambil dari TKP, kemudian layar lainnya bisa digunakan untuk menyusun konten pendukung.

5. Influencer/live streamer

Bayangkan melakukan live streaming dengan ASUS Zenbook DUO (UX8406)? Layar utama bisa digunakan untuk menampilkan platform streaming, sementara layar kedua bisa digunakan untuk mengakses chat dengan penonton, memonitor analitik, atau menyiapkan konten tambahan seperti gambar atau video yang akan dibagikan. Dengan konfigurasi dua layar, influencer atau live streamer dapat meningkatkan interaksi dengan penonton dan memberikan pengalaman yang lebih dinamis dan menarik.

6. Orang Tua yang Bekerja

Pengguna ASUS Zenbook DUO (UX8406): laptop dua layar terbaik 2024

Para orang tua pasti paham banget sulitnya membagi tanggung jawab pekerjaan dan mengurus anak saat sedang di rumah. Namun, bagaimana jadinya jika ada device yang memudahkan para orang tua untuk tetap bisa mengawasi anak sembari bekerja?

 

Pasang kamera cctv di kamar atau ruang bermain anak, kemudian hubungkan kamera tersebut ke Zenbook DUO UX8406. Para orang tua dapat memantau gerak-gerik si kecil melalui salah satu layar laptop (bahkan bisa pada setengah bagian layar), dan bekerja di layar laptop lainnya. Dengan begini, orang tua tetap bisa memantau dengan mudah tanpa harus repot bolak-balik memeriksa kamera cctv dari device yang berbeda.

7. Gamers

Seringkali saat bermain Genshin Impact, banyak pemain yang merasa malas untuk mencari item farming karena tidak tahu lokasinya. Meskipun Hoyoverse menyediakan peta interaktif untuk itu, tetapi harus beralih bolak-balik antara game dan browser membuat para pemain kesulitan. Selain itu, ketika membuka peta di ponsel, layarnya terlalu kecil sehingga sulit untuk melihat detailnya.

 

Namun, kalau bisa bermain game dengan konfigurasi layar seperti gambar di atas dengan Zenbook DUO UX8406, pasti akan sangat meningkatkan pengalaman bermain game! Genshin Impact hanya satu contoh ya teman-teman, bayangin main game online lainnya pakai Zenbook DUO UX8406! Layar satu untuk fokus main, sementara layar lainnya bisa untuk buka Discord agar bisa komunikasi langsung dengan teman satu tim kamu. Seru banget, kan?

8. Pelajar

Bagi para pelajar, sangat penting untuk memiliki perangkat yang mampu mendukung proses belajar. Dengan Zenbook DUO UX8406, para pelajar dapat mengakses materi pembelajaran dan sumber referensi dengan lebih mudah. Misalnya, mereka dapat membuka buku elektronik atau presentasi di satu layar, sementara mereka aktif mengerjakan tugas atau membuat catatan di layar yang lainnya.

 

Selain itu, dengan Zenbook DUO para pelajar akan lebih mudah dalam mengikuti kelas daring atau webinar. Mereka bisa menggunakan satu layar untuk mengikuti sesi kelas secara langsung, sementara layar lainnya digunakan untuk mencatat atau mengikuti materi tambahan. Dengan konfigurasi layar ganda, proses belajar menjadi lebih interaktif dan produktif bagi para pelajar.

9. Masyarakat Umum yang Sering Multitasking

Pengguna ASUS Zenbook DUO (UX8406): laptop dua layar terbaik 2024

Dalam dunia digital, saat multitasking sudah menjadi tuntutan, konfigurasi dua layar dari Zenbook DUO dapat menyeimbangkan antara produktivitas dengan entertainment. Misalnya, kamu sedang merencanakan traveling sekeluarga. Dengan konfigurasi dua layar, kamu dapat berkomunikasi secara online dengan teman atau anggota keluarga sambil membahas detail-detail spesifik perjalanan, seperti itinerary dan pilihan akomodasi.

 

Skenario aktivitas yang akan dipermudah dengan adanya laptop dual screen sangat bervariasi. Siapa saja yang ingin mendongkrak produktivitas dan menjalani aktivitas sehari-hari dengan efektif dan efisien, akan sangat banyak menerima manfaat dari kehadiran laptop dua layar seperti ASUS Zenbook DUO (UX8406).

7 alasan mengapa ASUS Zenbook DUO (UX8406) adalahLaptop Dua Layar Terbaik 2024

7 alasan mengapa ASUS Zenbook DUO (UX8406) adalah laptop dua layar terbaik 2024

Setelah memahami gambaran besar terkait tren penggunaan dua layar untuk aktivitas sehari-hari, sekarang kita akan mengulik lebih jauh seputar spesifikasi, keunggulan, dan harga ASUS Zenbook DUO (UX8406), serta 7 alasan mengapa ASUS Zenbook DUO (UX8406) adalah laptop dua layar terbaik 2024!

1. Konfigurasi Dua Layar yang Fleksibel dengan Beragam Mode Penggunaan, Hadirkan Kemudahan untuk Beragam Aktivitas

Kamu si ‘kutu loncat’ yang sering lompat dari satu zoom meeting ke zoom meting lainnya? Dikelilingi klien rewel yang suka kirim revisi? Kamu si perfeksionis dalam hal editing konten? Atau punya pekerjaan yang menuntut kamu untuk multitasking 24/7? Worry not! Kini sudah ada ASUS Zenbook DUO (UX8406) yang gak cuma bikin kamu makin produktif, tetapi juga makin kreatif!

 

Dengan Zenbook DUO, kamu bisa ber-multitasking-ria dengan minim distraksi secara nyaman dan leluasa. Ini dia lima mode penggunaan Zenbook DUO UX8406 yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu di mana saja dan kapan saja!

Dual-Screen Mode Zenbook DUO Ux8406
  • Dual-Screen Mode
    Ini adalah mode layar ganda, di mana layar satu diletakkan lebih tinggi daripada layar lainnya dengan penyangga (seperti gambar di samping). Dengan mode ini, kamu bisa menggunakan satu layar untuk menampilkan informasi atau konten tertentu sebagai acuan, sementara layar lainnya untuk kamu bekerja. Misalnya, kamu bisa membuka zoom meeting pada layar paling atas, kemudian mencatat isi meeting tersebut pada layar lainnya. Kamu bisa melakukan kontrol menggunakan keyboard fisik secara nirkabel (wireless) melalui koneksi Bluetooth.

    Dengan begini, kamu tak perlu beralih dari tab satu ke tab lainnya, sehingga kamu bisa lebih fokus pada tugas yang sedang dikerjakan. Dengan memiliki dua layar, kamu dapat mempertahankan fokus pada pekerjaan utama tanpa terganggu oleh distraksi dari aplikasi atau tab lain yang terbuka.
Desktop Mode Zenbook DUO UX8406
  • Desktop Mode
    Desktop Mode dirancang untuk kamu yang lebih nyaman bekerja dengan layar vertikal. Desktop Mode pada Zenbook DUO UX8406 adalah konfigurasi dua layar vertikal yang diposisikan secara berdampingan. Mode ini sangat disarankan untuk menulis artikel, browsing, dan coding. Kalau dilihat dari gambar di samping, desktop mode ini mirip seperti membaca buku, yah?
Laptop Mode Zenbook DUO UX8406
  • Laptop Mode
    Ingin kembali ke mode laptop klasik layaknya laptop satu layar pada umumnya? Kamu cukup meletakkan keyboard di atas layar kedua, maka setup laptop dua layar ini langsung berubah layaknya laptop konvensional. Cocok banget untuk kamu yang sering bekerja di area terbatas, seperti di dalam mobil, kereta, atau pesawat.
Laptop Mode with Virtual Keyboard Zenbook DUO UX8406
  • Laptop Mode with Virtual Keyboard
    Dengan fitur ScreenXpert ASUS, layar kedua bisa difungsikan sebagai keyboard touchpad dengan beragam fitur menarik. Kalau keyboard kamu ketinggalan atau kamu lebih nyaman ketak ketik di layar sentuh, maka mode ini akan jadi mode favorit kamu!
Sharing Mode Zenbook DUO UX8406
  • Sharing Mode
    Mode paling unik yang hanya dimiliki Zenbook DUO UX8406 ini membuat kamu bisa sharing layar dengan orang lain. Jadi, kedua layar akan bekerja seperti layaknya dua layar yang tak berhubungan. Asyik banget untuk brainstorming ide bareng teman kamu, atau untuk sekadar main game bareng, misalnya kaya main catur! Seru banget, kan?

Nah, tambahan layar pada Zenbook DUO UX8406 justru tidak mengurangi fleksibilitasnya sebagai laptop, malah justru semakin fleksibel, bukan? Kira-kira, mode penggunaan mana yang paling cocok untuk keseharian kamu?

2. Laptop Dua Layar dengan Dimensi Ringkas yang Dibalut dengan Desain Simpel dan Modern

ASUS Zenbook DUO UX8406

Meskipun memiliki dua layar, nyatanya laptop ini sangat ringkas. Laptop ini memiliki berat 1,35 kg tanpa keyboard dan 1,75 kg dengan keyboard. Wow, bahkan ada laptop biasa yang lebih berat dari ini, lho! Selain itu, ketebalan laptop ini hanya 14,6 mm, jadi sangat portabel dan gak repot di bawa kemana-mana. Laptop ini adalah laptop ideal para digital nomad yang punya mobilitas tinggi!

 

Zenbook DUO UX8406 memiliki desain yang stylish, elegan, modern, dan profesional. Memiliki tekstur matte sehingga mencegah sidik jari terlihat saat disentuh, begitu juga touchpadnya yang juga anti finger print. Pokoknya, ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini punya tampilan yang clean, untuk kamu yang gak suka laptop mudah kotor.

 

Selain itu, laptop ini pasti akan jadi perhatian jika kamu buka di ruang publik. Jadi, bisa sekalian untuk flexing, hehehehe.

3. Laptop Dual Screen Pertama dengan Layar ASUS Lumina OLED

ASUS Zenbook DUO UX8406 Lumina OLED
DCI-P3 best in class color gamut
0 %
less harmful blue light
0 %
ultimate motion clarity
0 Hz/0,2 ms

ASUS mah gak pilih kasih. Biasanya, kalau laptop dua layar pasti ada yang dikorbankan, misalnya kualitas layar utamanya dibuat lebih bagus daripada layar lainnya. Namun, ASUS memberikan kualitas yang sama untuk kedua layar Zenbook Duo ini. Keduanya sama-sama 14 inci, sama-sama 3K, dan keduanya didukung dengan teknologi Lumina OLED. Wow!

 

Hmmm.. Sebenarnya, apa saja sih keunggulan dari layar ASUS Lumina OLED ini?

Lima Keunggulan Layar Berteknologi ASUS Lumina OLED

Artinya, layar Zenbook DUO UX8406 mampu mencakup seluruh warna yang ada dalam standar DCI-P3. DCI-P3 adalah ruang warna yang digunakan dalam industri film dan produksi konten digital, dan memiliki rentang warna yang lebih luas daripada standar sRGB yang lebih umum. Dengan memiliki cakupan warna 100% DCI-P3, Zenbook DUO UX8406 dapat menampilkan warna dengan akurasi tinggi, sehingga ideal untuk tugas-tugas yang membutuhkan reproduksi warna yang sangat akurat, seperti pengeditan foto dan video profesional. Dengan demikian, layar yang memiliki 100% DCI-P3 dapat dianggap sebagai yang terbaik dalam kelasnya dalam hal reproduksi warna.

Artinya, cahaya biru yang dihasilkan oleh layar Zenbook DUO UX8406, 70% lebih aman bagi kesehatan mata pengguna dibandingkan dengan cahay biru yang dihasilkan perangkat elektronik lain. Cahaya biru yang dihasilkan oleh layar elektronik dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan tidur jika terlalu intens atau tidak terkontrol.

Kombinasi refresh rate 120 Hz dan respons time 0,2 ms yang dimiliki layar Zenbook DUO UX8406, dapat menciptakan kualitas gambar yang sangat halus dan jelas, khususnya saat menampilkan konten gambar yang bergerak dengan cepat.

Layar laptop dengan teknologi ASUS Lumina OLED memiliki kemampuan layar untuk memberikan kualitas gambar yang optimal dalam hal kecerahan dan tone warna di berbagai lingkungan atau kondisi pencahayaan.

 

Artinya, layar Zenbook DUO UX8406 dapat menyesuaikan kecerahan dan tone warna sesuai dengan lingkungan tempat pengguna. Misalnya, dalam situasi dengan pencahayaan rendah, layar akan menyesuaikan kecerahan agar tetap nyaman untuk dilihat tanpa menyebabkan ketegangan atau kelelahan mata. Demikian pula, dalam situasi dengan pencahayaan yang cerah, layar akan meningkatkan kecerahan untuk menjaga gambar tetap jelas dan mudah terlihat.

Rasio kontras 1.000.000:1 adalah perbandingan antara kecerahan maksimum dan kecerahan minimum yang dapat dihasilkan oleh layar. Dalam konteks ini, 1.000.000 mewakili kecerahan maksimum, sedangkan angka 1 mewakili kecerahan minimum.

Jadi, semakin tinggi rasio kontras, semakin besar perbedaan antara warna hitam yang paling gelap dan warna putih yang paling terang yang dapat ditampilkan oleh layar. Dalam hal ini, rasio kontras tinggi 1.000.000:1 menandakan bahwa warna hitam yang paling gelap akan menjadi satu juta kali lebih gelap daripada warna putih yang paling terang.

Ketika layar memiliki rasio kontras tinggi, gambar akan memiliki detail yang lebih baik, warna yang lebih hidup, dan teks yang lebih tajam karena perbedaan yang jelas antara warna gelap dan terang. Ini memungkinkan pengalaman visual yang lebih menyenangkan dan realistis saat menonton film, bermain game, atau melihat konten multimedia lainnya.

4. Dibekali dengan Dapur Pacu Powerful Bertenaga AI, Maksimalkan Produktivitas Pengguna!

spesifikasi teknis ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Prosesor Bertenaga AI Ter-up-to-date

intel® core™ ultra 7 155h

CPU

intel® core™ ultra 7 155h

Intel® Arc™

GPU

Intel® Arc™

Intel® AI Boost

NPU

Intel® AI Boost

Tidak hanya memiliki dua layar yang super fleksibel dan portabel, ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga dibekali dengan dapur pacu powerful bertenaga AI. Zenbook DUO UX8406 didukung dengan prosesor (CPU) canggih Intel® Core™ Ultra 7 155H dan NPU Intel® AI Boost, sehingga segala aplikasi yang memanfaatkan teknologi AI dapat berjalan dengan lancar tanpa gangguan, tetapi tetap hemat konsumsi daya.

 

Selain itu, prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H juga dibekali dengan chip grafis (GPU) Intel® Arc™ yang mampu menghadirkan performa hingga dua kali lipat dibandingkan dengan chip grafis terintegrasi di prosesor Intel® generasi sebelumnya. Chip grafis Intel® Arc™ juga sudah didukung berbagai teknologi grafis modern seperti real-time ray tracing, Xᵉ Super Sampling, hingga DX 12 Ultimate, dan Advanced Media Engine. Di Zenbook DUO (UX8406), Intel® Arc™ tidak hanya dapat mengakselerasi pemrosesan grafis, tetapi juga video encoding yang tentunya sangat penting untuk para konten kreator.

Windows 11

Hadir dengan sistem operasi Windows 11, ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas Anda dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan. Selain itu, sudah dilengkapi Office Pre-Installed, agar Anda bisa nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya.

Nah, ini dia fitur Windows 11 yang akan semakin mendongkrak kreativitas kamu dan membantu kamu membuat konten lebih cepat dan mudah:

  • Copilot Windows: Dengan Copilot, kamu bisa menanyakan pertanyaan apa saja (disupport Chat GPT). Kemudian, kamu bisa mengubah teks menjadi gambar, meminta rekomendasi makanan, bahkan meminta AI untuk membantu kamu menyusun itinerary untuk rencana traveling kamu.
  • Paint: Sekarang, dengan tambahan fitur paint windows 11, kamu bisa mengedit foto dan gambar pada paint pada windows 11 layaknya professional.
  • Snipping tool: Ini adalah alat untuk menangkap gambar apa saja yang ada di layar serta dapat merekam video pada layar.
  • Photo: Pada windows 11, sekarang kita dapat mengorganisir dan melakukan penyuntingan dengan lebih mudah.  
  • Clipchamp: Dengan Microsoft Clipchamp, kamu dapat mengedit video, mengubah teks menjadi video, membuat video dengan AI, dan lain-lain secara professional.

Storage

ASUS Zenbook DUO (UX8406) memiliki kapasitas penyimpanan hingga 2TB, menggunakan antarmuka M.2 yang kecil dan ringan, didukung oleh protokol NVMe untuk kinerja yang cepat, dan terhubung melalui standar PCIe 4.0 untuk kecepatan transfer data yang tinggi.

Memori

ASUS Zenbook DUO (UX8406) memiliki 32 gigabyte (GB) RAM LPDDR5X terpasang secara langsung pada papan sirkuit laptop (on board) atau tidak dapat diupgrade lagi oleh pengguna (Max 32 GB). Walaupun, sudah mentok di 32 GB, RAM sebesar ini sudah sangat-sangat gahar performanya.

Baterai

baterai asus Zenbook DUO UX8406 OLED
non-stop video play (single screen)
0 hours
non-stop video play (dual screen)
0 hours
charged in 49 mins
0 %

Baterai laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) memiliki kapasitas 75WHrs, terdiri dari empat sel baterai lithium-ion yang dihubungkan secara seri, dan digunakan untuk memberikan daya pada laptop. Baterai lithium-ion adalah baterai yang ringan dan padat energi, sehingga Zenbook DUO ini memiliki berat ringan.

 

Selain itu, baterai laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga sangat fast charging. Hanya dalam 49 menit, baterai sudah dapat terisi sebanyak 60%!

 

Zenbook DUO dapat diisi daya dengan mudah menggunakan berbagai pengisi daya USB-C® standar, termasuk powerbank. Kita dapat dengan cepat mengisi daya menggunakan pengisi daya USB-C® Power Delivery (PD) bersertifikat dalam kisaran tegangan 5-20V, atau mengisi daya saat bepergian menggunakan pengisi daya maskapai penerbangan, pengisi daya portabel, dan masih banyak lagi!

5. Didukung dengan AiSense Camera dan Noise Cancelation, Idaman Para Digital Nomad!

ASUS AiSense Camera

Dengan ASUS AiSense Camera, berikut 4 fitur unggulan yang dapat kita gunakan selama melakukan panggilan video (video conference/ call/ meeting):

ASUS AiSense Camera pada Zenbook Duo UX8406
  • Mengaburkan (blurring) latar belakang untuk melindungi privasi saat melakukan video conference di rumah atau di tempat pribadi lainnya.
ASUS AiSense Camera
  • Secara otomatis mendeteksi gerakan mata kita dan menyesuaikan pandangan sehingga kita selalu tampak seperti sedang melihat langsung ke kamera.
ASUS AiSense Camera
  • Terdapat teknologi ASUS 3D Noise Reduction (3DNR) yang mampu meningkatkan kejernihan gambar webcam untuk video conference secara signifikan.
  • Webcam mendeteksi dan mengikuti gerakan kita untuk pengalaman webcam yang lebih baik saat kita bergerak

ASUS AI Noise Cancelation

ASUS AI Noise Cancelation

Fitur ini memberikan kemampuan kepada Zenbook DUO untuk menyesuaikan pengaturan audio secara otomatis, demi memperbaiki kualitas suara saat sedang melakukan video conference/call, entah itu dengan memfokuskan audio dari satu arah (misalnya, dari satu pembicara) atau mengambil suara dari semua arah (misalnya, dari beberapa pembicara yang berkumpul di sekitar laptop). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman video conference/call dengan memastikan suara yang jernih dan mudah didengar oleh semua peserta.

6. ASUS Zenbook DUO (UX8406) adalah Laptop yang Diproduksi dengan Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan (sustainable)

ASUS Zenbook DUO (UX8406) adalah Laptop yang Diproduksi dengan Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan (sustainable)

ASUS berkomitmen untuk mendorong kemajuan menuju masa depan yang lebih berkelanjutan (sustainable future). Zenbook DUO menggunakan bahan-bahan berkelanjutan atau ramah lingkungan dalam produk dan kemasannya. Label ekologi terbaik yang dimiliki ASUS seperti EPEAT Gold (menilai produk-produk elektronik berdasarkan dampak lingkungan), ENERGY STAR® (menandai produk-produk yang hemat energi), dan RoHS (membatasi penggunaan bahan berbahaya dalam produk elektronik), membuktikan komitmen ASUS untuk melindungi bumi sekaligus memberikan yang terbaik bagi pelanggannya.

90% dari magnesium-aluminium alloy yang digunakan untuk memproduksi Zenbook DUO terbuat dari bahan yang didaur ulang dari limbah industry, tanpa mengorbankan kualitas, keandalan, dan ketahanan material.

Kemasan produk Zenbook DUO terbuat dari bahan-bahan yang dapat didaur ulang sepenuhnya, sehingga setelah digunakan, kemasan tersebut dapat diproses kembali menjadi bahan baku baru untuk produk lain. Sertifikasi FSC™ Mix menjamin bahwa kertas atau bahan kayu yang digunakan dalam kemasan tersebut berasal dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab, dengan memperhatikan aspek-aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Zenbook DUO memiliki tingkat efisiensi energi 43% lebih tinggi daripada standar yang ditetapkan oleh ENERGY STAR®. ENERGY STAR® adalah program yang disponsori oleh pemerintah Amerika Serikat yang menetapkan standar untuk efisiensi energi bagi berbagai produk elektronik dan peralatan rumah tangga.

7. Dibandroll Harga Jauh Lebih Murah Dibandingkan ASUS Dual-Screen Laptop Sebelumnya (ASUS Zenbook 17 Fold OLED)

spesifikasi ASUS Zenbook Fold 17

Pada Januari 2022, ASUS merilis ASUS Zenbook 17 Fold OLED. Sebuah laptop dua layar yang dapat dilipat (fold), dengan harga 50 juta-an. Namun, ASUS Zenbook 17 Fold tidak memiliki mode penggunaan yang se-fleksibel dan se-portabel ASUS Zenbook DUO (UX8406). Sehingga, ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini merupakan versi laptop dua layar yang lebih fleksibel, portabel, dan lebih murah dari ASUS!

 

Harga ASUS Zenbook DUO (UX8406) adalah mulai dari 33.999.000 saja! Wow, hampir 20 juta lebih murah dibandingkan ASUS Zenbook 17 Fold. Jadi, Zenbook DUO ini cocok bagi kamu yang ingin punya laptop dua layar tapi belum memiliki budget untuk purchase Zenbook 17 Fold.

 

Dengan harga 30juta-an, ASUS Zenbook DUO (UX8406) memiliki spesifikasi lengkap sebagai berikut:

Windows 11 Home - ASUS recommends Windows 11 Pro for business
Windows 11 Pro - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz, 16 cores, 22 Threads); Intel® AI Boost NPU

Intel® Arc™ Graphics
 
Intel® AI Boost NPU
14.0-inch, 3K (2880 x 1800) OLED 16:10 aspect ratio, 0.2ms response time, 120Hz refresh rate, 400nits, 500nits HDR peak brightness, 100% DCI-P3 color gamut, 1,000,000:1, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, 1.07 billion colors, PANTONE Validated, Glossy display, 70% less harmful blue light, Touch screen, (Screen-to-body ratio)91%, With stylus support
14.0-inch, FHD (1920 x 1200) OLED 16:10 aspect ratio, 0.2ms response time, 60Hz refresh rate, 400nits, 500nits HDR peak brightness, 100% DCI-P3 color gamut, 1,000,000:1, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, 1.07 billion colors, PANTONE Validated, Glossy display, 70% less harmful blue light, Touch screen, (Screen-to-body ratio)91%, With stylus support
32GB LPDDR5X on board
Max Total system memory up to:32GB
16GB LPDDR5X on board
Max Total system memory up to:16GB
1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD
512GB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD
2TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD
1x USB 3.2 Gen 1 Type-A
2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery
1x HDMI 2.1 TMDS
1x 3.5mm Combo Audio Jack
Soft Keyboard, 1.4mm Key-travel, Precision touchpad
FHD camera with IR function to support Windows Hello
Smart Amp Technology
Built-in speaker
Built-in array microphone
harman/kardon (Premium)
with Cortana support
Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3 Wireless Card (*Bluetooth® version may change with OS version different.)
75WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
TYPE-C, 65W AC Adapter, Output: 20V DC, 3.25A, 65W, Input: 100-240V AC 50/60GHz universal
1.65 kg (3.64 lbs)
Weight of system: 1.35 kg
Weight of keyboard: 0.30 kg
31.35 x 21.79 x 1.46 ~ 1.99 cm (12.34" x 8.58" x 0.57" ~ 0.78")
System diagnosis
Battery health charging
Fan Profile
Splendid
Tru2Life
Function key lock
WiFi SmartConnect
Link to MyASUS
TaskFirst
Live update
ASUS OLED Care
AI Noise Canceling
Microsoft Office Home & Student 2021
1-month trial for new Microsoft 365 customers. Credit card required.
Microsoft 365 Personal 1-year included
Microsoft Office Home & Business 2021
Microsoft Office Home & Business 2021 + Microsoft 365 Basic
US MIL-STD 810H military-grade standard
EPEAT Gold
Energy star 8.0
RoHS

Terimakasih sudah membaca ^^ 

Silahkan tinggalkan komentar (saya izinkan backlink aktif juga^^)

Follow saya di Instagram @tamarapsy9

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top