Laptop Terbaik untuk Blogger: ASUS Vivobook 14 A1400

Asus Vivobook 14 a1400: best laptop for blogger
Generasi sandwich adalah
Generasi sandwich

“Kak, uang bulanan mama udah ditransfer belum?”
“Kak, tambahin bayar listrik yah”
“Kak, bulan ini Adek bayar semesteran, yah”

 

Yah, kira-kira isi chat WhatsApp para member generasi sandwich, dipenuhi oleh permintaan-permintaan seperti di atas. Di usia 20-an ini, selain sedang dihantui oleh kecemasan quarter life crisis, saya juga merupakan bagian dari generasi sandwich (sandwich generation).

 

Meskipun begitu, menyerah dan mengeluh sudah saya hapus dari kamus hidup saya. Toh, apa yang kita berikan kepada orang lain, akan kembali kepada diri kita sendiri, one way or another. Kita menabur apa yang kita tuai, bukan? Maka dari itu, sebisa mungkin saya ingin selalu menuai kebaikan, sekecil apa pun itu.

Lagi pula, banyak yang kondisinya lebih penuh perjuangan dibanding saya. Bahkan ada generasi sandwich, yang “roti”nya tidak hanya di atas dan di bawah, tetapi juga di samping kanan dan kirinya.

 

Yaitu, orang-orang yang penghasilannya bukan hanya untuk keluarga intinya, tetapi juga untuk sepupu-sepupunya. Atau bahkan dalam kasus tertentu, ada yang juga harus membagi penghasilannya kepada anggota keluarga besan-nya. Salut!

 

Oleh karena itu, kepala saya selalu diisi oleh dorongan untuk mencari penghasilan di lebih dari satu sumber. Perjalanan saya mencari sumber penghasilan tambahan mengantarkan saya menjadi blogger dan media writer hingga saat ini.

Generasi Sandwich adalah:
Orang-orang yang harus menyokong kebutuhan orang tua atau anggota keluarga yang lebih tua, sekaligus mengemban tanggung jawab terhadap anak-anak atau anggota keluarga yang lebih muda. Mereka seperti "terjepit" di antara dua kelompok usia yang mereka sokong, layaknya sebuah sandwich, di mana dua potong roti menghimpit isian sandwich tersebut.

Colorful 3D Bar Chart Diagram Instagram Post (8)

Awal Mula Jadi Blogger, Ikut Lomba Menulis, dan Selalu Kalah Lomba

Perjalanan saya menjadi blogger dan penulis lepas sangat berliku, penuh kekalahan, dan penolakan. Ajaibnya, saya belum pernah kepikiran untuk menyerah,lho.

 

Awal Maret 2022, sehabis solat Dzuhur di kantor, tiba-tiba saya mendapat ide untuk coba submit tulisan ke media online IDN Times. Karena ide itu datang sehabis ibadah, saya berpikir: “Wah, apa mungkin ini petunjuk dari Tuhan?”

 

Akhirnya, tanpa berpikir panjang, saya langsung coba submit tulisan ke IDN Times. 6 artikel pertama saya ditolak, hehe. Padahal artikel itu saya buat dengan sepenuh hati di sela-sela kesibukan saya. Ya sudah gapapa, hitung2 ngurangin “kuota gagal” saya.

 

Setelah 1 bulan terus mencoba, berbekal membaca artikel penulis lain yang berhasil terbit, dan memahami pola tulisan khas yang disukai IDN Times, akhirnya saya berhasil  menerbitkan artikel saya. Suenenggnya bukan main.

 

Singkat cerita, hingga hari ini, sudah lebih dari 130 tulisan saya berhasil terbit di IDN Times. Bayarannya lumayan. Dalam 1 bulan, saya bisa menghasilkan 1 juta rupiah menulis di IDN Times. Namun, seringnya kurang dari itu.

 

Suatu hari di Akhir tahun 2022, tiba-tiba muncul postingan informasi lomba menulis blog di sebuah akun instagram. Hadiah juara satunya 5 juta rupiah kalau gak salah. “Wah, 5 kali lipat dari penghasilan nulis saya,nih” pikir saya waktu ituPokoknya, hadiahnya bikin ngiler.

 

Dari situ, saya coba membuat akun blogger. Waktu itu, saya belum punya pengetahuan html basic, SEO, olah grafis, dan kemampuan editing website. Bahkan download tema blog saja belum paham caranya. Akhirnya, dengan berbekal ilmu menulis ala kadarnya dan layout blog yang acak kadut, saya coba ikut lomba. Dan tentu saja saya kalah telak, wkwkwkwk.

 

Saat saya cek blog pemenang lombanya, saya bengong “Wih, cantik bener ini blognya, gimana cara ngedit dan nulis kaya begini, yah?”. Terinspirasi dari bagusnya blog para pemenang, saya memulai perjalanan edukasi diri seputar blogging. Mulai dari cara storytelling yang compelling, desain grafis, html basic, cara mengatur tema dan layout blog, hingga belajar WordPress.

 

Mulai dari September hingga Desember 2022, saya bertekad untuk konsisten ikutan lomba menulis. Kalau tidak salah, ada delapan lomba yang saya ikuti. Saya pikir, pasti setidaknya satu artikel saya bisa menembus jajaran pemenang. Namun, realitanya, dari delapan lomba tersebut, tidak ada satu pun yang saya menangkan. Rasanya, ingin ku menangis bro…

Colorful 3D Bar Chart Diagram Instagram Post (9)

Naik Kelas dalam Blogging Bersama ASUS Vivobook 14

Hampir menyerah karena selalu kalah, akhirnya saya memutuskan untuk rehat sejenak sambil mengumpulkan “amunisi” berupa edukasi diri sebelum akhirnya mengikuti lomba kembali.

 

Kali ini, saya bertekad untuk “naik kelas” menjadi blogger. Bagaimana caranya? Tentu cara termudahnya adalah dengan mempelajari formula artikel dari para pemenang sebelumnya, mengidentifikasi apa yang spesial dari tulisan mereka sehingga bisa jadi pemenang.

 

Daripada ngambek dan misuh-misuh karena sering kalah, apalagi sampai menuduh panitia penyelenggara lomba dengan tuduhan yang tak berdasar, lebih baik kita introspeksi diri dan meningkatkan kualitas tulisan dengan belajar dari tulisan para pemenang :p.

 

Ternyata, untuk menjadi blogger zaman sekarang, tidak bisa bermodalkan tulisan yang menarik saja. Namun, juga harus disandingi dengan skill olah grafis yang baik. Selain itu, blogger juga harus mampu memadupadankan foto yang relevan dengan tulisan agar semakin menarik pembaca. Bahkan dalam beberapa lomba blog, salah satu syaratnya juga harus menyertakan video pendek, lho.

 

Bener aja guys, saya coba asah dan terapkan skill di atas ke dalam tulisan saya, dan Alhamdulillah saya bisa memenangkan lomba blog pertama saya pada tanggal 15 Juli 2023. Duh, senangnya bikin gabisa tidur. Akhirnya, nama saya bisa bertengger di jajaran para pemenang. Kalau penasaran bisa cek tulisan saya di bawah ini.

 

Setelahnya, saya mendapat juara-juara menulis lainnya. Alhamdulillah, tahun ini saya sudah memenangkan 9 lomba menulis, dan harapannya, saya bisa terus memenangkan lomba menulis lainnya dan memberikan tulisan terbaik yang bermanfaat.

Awalnya saya tidak pede menulis artikel tentang lomba blog ini, karena penghargaan menulis yang saya terima masih sangat sedikit dan belaptolum pernah juara 1 (mentok di juara 2). Tapi saya merasa, di luar sana kisah sukses itu sudah banyak, yang masih jarang adalah kisah gagal. Maka dari itu, saya menulis artikel blogging ini untuk menceritakan kisah gagal saya, hehe.

 

So, bakat merangkai kata saja ternyata tidak cukup untuk naik kelas sebagai blogger. Kalau mau unggul dan jadi pemenang, kita juga harus mau mengasah skill olah grafis, fotografi, videografi, dan skill relevan lainnya. Skill ini tentunya akan mudah diasah jika didukung oleh perangkat elektronik yang mumpuni, seperti smartphone dan laptop terbaik untuk blogger.

 

Nah, sebenarnya laptop seperti apa sih yang terbaik untuk blogger itu? Tentunya, laptop terbaik untuk blogger adalah yang mampu memberikan pengalaman terbaik dalam mengolah kata dan visual pada blog dengan lancar tanpa lag, memiliki portabilitas tinggi (untuk travel blog, freelancer, dll), memiliki kapasitas penyimpanan memadai untuk menyimpan dan mengorganisir konten, dan tentunya yang sesuai budget.

 

Sederhananya, untuk mengemban status sebagai laptop terbaik untuk blogger, setidaknya laptop tersebut harus memiliki tiga value ini: good performance (kinerja yang baik), professional appearance (tampilan profesional), dan affordable (tidak terlalu mahal). Kenapa harus ada tiga value tersebut?

6 Alasan Mengapa ASUS Vivobook 14 A1400 Adalah Salah Satu Laptop Terbaik untuk Blogger

Laptop terbaik untuk Blogger

1. Layar Full HD Super Jernih, Hadirkan Segudang Manfaat dan Kemudahan dalam Aktivitas Blogging

Laptop terbaik untuk blogger

Kamu sering research bahan untuk artikel sampai tengah malem? Dituntut untuk mahir multitasking karena banyak deadline nulis? Atau kamu si perfeksionis yang butuh waktu berjam-jam untuk membuat desain grafis atau sekadar nentuin warna font? Worry not! Laptop dengan resolusi layar Full HD (1920×1080 piksel) akan memudahkan aktivitas blogging-mu. Bikin kamu semakin naik kelas sebagai blogger.

 

Kenapa sih laptop Full HD (FHD) sangat penting untuk blogger? Nih, Simak 5 keunggulan laptop full HD ASUS A1400 jika dibandingkan dengan laptop HD biasa.

Laptop terbaik untuk blogger
Laptop Asus Full HD

Resolusi Full HD (1920 x 1080)

Memberikan detail visual yang tinggi, sangat penting bagi blogger yang sering mengedit foto, video, atau mengelola konten visual lainnya. Resolusi tinggi ini memudahkan untuk mengolah dan meningkatkan kualitas konten dengan lebih presisi.

Teknologi anti glare Asus Full HD

Anti-Glare Display

Membantu mengurangi pantulan cahaya pada layar, yang dapat mengganggu visibilitas. Sehingga, blogger dapat bekerja dengan lebih nyaman dan efisien dalam berbagai situasi pencahayaan.

2. Laptop ASUS Vivobook 14 Mendukung Intel® Iris® Xe Graphics

Iris® Xe Graphics

Saya pernah baca di Blog Kang Amir yang sudah mengikuti lebih dari 250 lomba menulis per Juli 2021. Pada artikel blognya, dia pernah menulis bahwa lomba zaman now itu sangat ketat persaingannya.

 

Kalau zaman dulu, hanya berbekal kepiawaian merangkai kata saja, seorang blogger mungkin sudah bisa memenangkan lomba. Jadi, dulu kriteria penilaiannya hanya dilihat dari segi kepenulisannya saja. Namun, karena makin kesini makin ramai pesertanya, kriteria penilaiannya semakin beragam.

 

Banyak peserta yang bukan hanya jago desain grafis atau editing foto, tapi juga piawai membuat animasi dan web design. Bahkan sampai bikin landing page gitu. Tools premium seperti plugin wordpress layer slider pun di-purchase oleh peserta demi sebuah konten lomba. Wow. Artinya, visual sangat berperan penting untuk membuat blog unggulan yang berpotensi memenangkan lomba.

Nah, kesimpulannya adalah grafis yang bagus bisa menjadi senjata rahasia bagi blogger agar bisa unggul dalam kompetisi maupun untuk menarik calon klien.

 

Intel® Iris® Xe Graphics adalah kartu grafis yang dirancang untuk memberikan kinerja grafis yang mumpuni untuk mendukung aktivitas membuat konten. Intel® Iris® Xe Graphics cocok untuk menjalankan pekerjaan yang membutuhkan pengolahan grafis yang cepat dan anti lag, seperti pengeditan foto, video, dan rendering grafis.

 

Selain itu, laptop yang didukung oleh Intel® Iris® Xe Graphics,  memiliki resolusi layar yang tinggi, sehingga tampilan pada layar laptop akan lebih tajam dan detail. Intel® Iris® Xe Graphics memiliki arsitektur berdaya rendah sehingga, jauh lebih hemat baterai meskipun kamu membuka beberapa aplikasi sekaligus.

 

So, mempunyai laptop yang mendukung Intel® Iris® Xe Graphics seperti ASUS A1400, akan sangat membantu kita naik kelas sebagai blogger.

Dari video di atas, kita bisa melihat perbandingan yang jelas antara Intel® Iris® Xe Graphics dan Intel® UHD Graphics. Perbedaan dalam tonase, kecerahan, dan keakuratan warnanya sangat jelas. Sebenarnya, kenapa sih keakuratan tampilan warna dan gambar sangat penting untuk para blogger?

 

Agar semakin naik kelas, blogger harus mampu memberikan pengalaman visual yang menarik kepada pembacanya.  Jika warna yang kita sajikan dalam konten ternyata tidak akurat, misalnya lebih pucat dari yang kita inginkan, maka kesan yang diberikan kepada pembaca akan berbeda, bukan?

 

Selain itu, ada satu hal lagi yang mungkin belum banyak orang sadari, terutama dalam konteks lomba blog yang diselenggarakan oleh perusahaan atau merek tertentu. Saya menyadari satu hal saat mempelajari visual tulisan para blogger yang namanya bersliweran di jajaran pemenang lomba. Khususnya, lomba blog yang diadakan oleh suatu perusahaan atau brand tertentu.

 

Biasanya, tulisan yang memenangkan lomba memiliki dominasi warna yang sama dengan signature color dari brand atau perusahaan yang menyelenggarakan lomba.

Misalnya, ketika Shopee mengadakan lomba blog, maka biasanya blog yang dimenangkan itu memiliki mayoritas warna oranye. Warna oranye sendiri adalah signature color dari brand Shopee. Hal ini memberikan efek psikologis pada juri bahwa tulisan sang pemenang itu memang sangat mewakili brand Shopee.

 

Pemilihan warna untuk suatu brand sangat penting dan memiliki dampak besar pada identitas merek dan persepsi konsumen. Warna adalah salah satu elemen yang paling mudah dikenali dalam branding.

 

Pemilihan warna yang unik dapat membantu membangun identitas dan kesan dari suatu brand. Warna juga dapat memengaruhi keputusan pembelian.

 

Studi psikologi warna telah menunjukkan bahwa warna dapat mempengaruhi mood dan tindakan konsumen. Misalnya, warna merah sering digunakan dalam penawaran diskon karena dapat meningkatkan perhatian dan dorongan untuk membeli.

Mengapa Laptop Full HD yang Mendukung Intel® Iris® Xe Graphics Lebih Unggul?

Laptop ASUS A1400 menggunakan Intel® UHD Graphics secara default untuk pekerjaan sehari-hari, seperti browsing internet untuk keperluan research artikel, membuat outline artikel, membuat desain grafis, animasi sederhana, dan lain-lain.

 

Namun, kita dapat beralih ke Intel® Iris® Xe Graphics ketika kita ingin mengerjakan pekerjaan yang memerlukan lebih banyak kekuatan grafis, seperti video editing dan gaming (misalnya, untuk bloger pengulas game). Berikut ini adalah uraian keunggulan dari Intel® Iris® Xe. 

3. Dimensi Ringkas Dibalut dengan Desain Simpel nan Elegan, Memberikan Kesan Profesional

Laptop terbaik untuk blogger

Dimensi

Bagi blogger, laptop itu sama seperti smartphone, harus di bawa kemana pun dan kapan pun. Pastinya repot dong kalau dimensi dan berat laptop blogger tidak efisien, misalnya terlalu besar dan/ atau terlalu berat. Oleh karena itu, laptop berdimensi ringkas adalah primadona di kalangan para blogger.


Nah, dimensi dari ASUS Vivobook 14 A1400 ini cukup ringkas, lho, yaitu 32,54 x 21,60 x 1,99 cm, sehingga luas totalnya adalah 702 cm persegi. Dengan berat keseluruhan hanya 1,5 kg.

Desain Tampilan

Desain Asus Vivobook 14 memberikan kesan yang elegan, simple, klasik, dan profesional. Terdapat dua pilihan warna yang tersedia, yaitu Transparent Silver dan Indie Black, yang masing-masing memiliki pesona unik. 

 

Asus Vivobook 14 juga memiliki tekstur matte gloss yang memberikan kesan premium dan mencegah sidik jari terlihat. Bagi blogger yang sering berada di luar ruangan atau di tempat umum, baik untuk bekerja atau bertemu klien, memiliki laptop dengan desain premium dapat memberikan citra dan kesan yang profesional untuk mereka, sehingga membantu meningkatkan kepercayaan diri.

4. Didukung dengan Dapur Pacu yang Powerful Maksimalkan Produktivitas Blogger

ASUS Vivobook 14: Laptop terbaik untuk blogger
ASUS Vivobook 14

Up to 2.8 GHz

Up to Intel® Core™ i7-1165G7 Processor, 12M Cache, up to 4.7 GHz, 4 cores

Laptop ASUS Vivobook 14

Up to 8GB RAM DDR4

Upgradable to 16GB

Up to 512GB PCIe SSD

(Upgradable to 2TB)

Prosesor Powerful Anti Lag

Dengan prosesor Intel® Core™ i7-1165G7 berkecepatan dasar hingga 2,8 GHz dan kemampuan Turbo Boost hingga 4,7 GHz, artinya blogger dapat menjalankan beragam aplikasi untuk keperluan blogging dengan sangat responsif dan tanpa hambatan menggunakan laptop ASUS Vivobook 14 A1400 ini.

 

Prosesor ini memiliki 4 core fisik, sehingga mampu menangani beberapa pekerjaan secara bersamaan. Kemampuan ini sangat penting untuk multitasking, misalnya, untuk editting teks, membuka banyak tab browser, dan aplikasi pengeditan gambar secara bersamaan tanpa terkendala lagging

 

Prosesor yang demikian, membuat seorang blogger dapat membuat outline artikel blog sambil nge-zoom, sekaligus membuka aplikasi olah grafis (canva, inkspace, draw.io) dan sosial media di laptop. Blogger yang hobi blogwalking sampai buka belasan tab browser pun pasti happy banget dengan spesifikasi ini. Riset untuk membuat artikel blog jadi semakin enjoy!

RAM

Sebenarnya dengan RAM 8 GB, laptop ASUS Vivobook 14 ini sudah cukup efisien untuk  melakukan aktivitas blogging dengan baik, seperti menjalankan aplikasi editor teks, membuka banyak tab browsing, desain grafis sederhana, dan untuk mengelola media sosial.

 

Namun, ASUS Vivobook 14 menawarkan fleksibilitas untuk kamu guys. RAM ASUS Vivobook 14 ini bisa di-upgrade hingga 16 GB, bagi yang butuh menjalankan pengeditan gambar atau video yang lebih intensif, atau menjalankan aplikasi yang memerlukan lebih banyak RAM, kamu bisa mengupgrade RAM hingga 16 GB.

Storage

SSD (Solid State Drive) adalah jenis penyimpanan yang sangat cepat dan andal. Dengan kapasitas 512GB, ASUS Vivobook 14 memiliki cukup ruang untuk menyimpan banyak artikel, gambar, dan file lainnya yang diperlukan untuk blogging. SSD akan memastikan bahwa akses data dan pembukaan aplikasi berlangsung cepat dan lancar.

 

Well, selain fleksibilitas dalam upgrade RAM, kamu juga bisa upgrade SSD kamu pada laptop ini. Kalau kamu masih merasa SSD 512 GB kurang cukup, kamu bisa upgrade SSD hingga 2TB! ASUS memang sustainable banget kan? Bikin kamu gak perlu sering-sering beli laptop baru, tinggal upgrade, sat set beres!

 

Selain itu, laptop ini juga mendukung Intel® Optane memory untuk semakin mempercepat akses data dan pembukaan aplikasi. Wow.

Windows 11 Home

Dalam lingkungan berbasis remote dan cloud, seperti yang umumnya dijalankan oleh blogger freelance, Windows 11 Home menawarkan beragam keunggulan. Windows 11 Home membuat laptop ASUS Vivobook 14 dapat merespons dengan cepat dan tanpa kendala kompatibilitas saat menjalankan berbagai aplikasi, seperti Google Chrome untuk penelitian, Zoom dan Google Meet untuk meeting virtual, serta alat kolaborasi seperti Chatwork dan Slack.

 

Sistem operasi ini juga menawarkan lapisan keamanan tambahan, seperti Windows Defender dan dukungan untuk otentikasi Windows yang memberikan rasa aman kepada blogger saat bekerja dengan data sensitif dan informasi pribadi.

Baterai

Blogger pasti akan terbantu sekali jika memiliki laptop kerja yang fast charging, kan? Sini saya bisikin… Baterai ASUS Vivobook 14 bisa terisi 60%, dengan pengisian daya (charging) selama 49 menit saja! Kurang dari satu jam!

 

Selain itu, jika terisi penuh, laptop ini bisa bertahan selama kurang lebih 9 jam dalam pemakaian standar. Cukup banget kan untuk para blogger?

5. Berkarya dengan Konektivitas Tanpa Batas

ASUS Vivobook 14: Laptop terbaik untuk blogger

Porta Input/ Output

Dengan adanya port USB 3.2 Gen 1 Type-C dan Type-A, selain dapat menghubungkan laptop dengan smartphone atau perangkat penyimpanan eksternal lainnya, laptop kamu juga jadi bisa diisi daya dengan power bank,lho.

 

Selain itu, port USB 3.2 Gen 1 ini memiliki kecepatan transfer data hingga 10x lebih cepat untuk menghubungkan perangkat USB seperti hard drive eksternal, kamera, atau perangkat lain yang membutuhkan transfer data yang cepat. Blogger gak perlu repot lagi kalau mau transfer foto, video, dan file lainnya.

 

Port HDMI juga tersedia untuk dukung fleksibilitas kamu dalam bekerja. Kamu bisa hubungkan laptop ke monitor eksternal atau TV, untuk keperluan presentasi atau sekadar memperluas layar.

 

Dengan demikian, walaupun memiliki dimensi yang ringkas, laptop ASUS Vivobook 14 tidak mengesampingkan soal port input/output-nya.

Wifi dan Bluetooth

ASUS Vivobook 14 dilengkapi dengan  WiFi 5 802.11 ac (2×2). Wi-Fi 5 adalah wifi standar yang lebih cepat dibandingkan dengan wifi standar generasi sebelumnya (misalnya, 802.11n). Dengan begini, laptop dapat terhubung ke jaringan nirkabel dengan kecepatan transfer data yang lebih tinggi.

 

Wi-Fi 5 memiliki kemampuan untuk mengatasi lalu lintas jaringan yang padat dengan lebih baik. Ini bermanfaat jika Anda berbagi jaringan dengan banyak perangkat atau jika Anda sering berada di lingkungan dengan banyak sumber gangguan.

 

Bluetooth 4.1 pada laptop ini mendukung konektivitas nirkabel (wireless) untuk para blogger yang gak suka sama kabel-kabel yang mengganggu. Blogger bisa menghubungkan perangkat seperti keyboard, mouse, speaker, atau headset wireless ke laptop ini, membuat aktivitas bloggingmu lebih fleksibel.

6. Lima Jutanya ASUS Beda dengan Lima Jutanya Brand Lain

Spesifikasi Lengkap ASUS Vivobook 14 A1400: Laptop terbaik untuk blogger

Lima jutanya ASUS mah beda dengan lima jutanya brand lain. Dengan lima juta saja kamu sudah bisa mendapatkan laptop full HD yang bisa bikin kamu menjadi blogger naik kelas dengan spesifikasi di atas. Intip detail harga produk ASUS Vivobook 14 A1400 berikut ini:

Dalam dunia yang berbasis digital, kemampuan untuk berkembang dan terus berinovasi adalah kunci keberhasilan seorang blogger. Dengan performa handal, desain yang elegan, dan beragam fitur yang menjawab kebutuhan blogger modern, Vivobook 14 adalah laptop Full HD terbaik untuk kebutuhan nge-blog kamu.

 

ASUS Vivobook 14 siap  mendukung perjalanan blogger untuk naik kelas. Ayo, naikkan kualitas blogging dengan laptop yang tepat!

iPhone 15 Vs iPhone 13: Gak Jauh Beda Spesifikasinya?

KiriminAja: Juaranya Kelola Paket, Bisnis Online Makin Meroket

4 Reasons Why ASUS Vivobook 14 A1400 is The Best Laptop for Bloggers

Sering Menang Lomba Blog Bersama ASUS Vivobook 14!

7 Rekomendasi Laptop Gaming Di Bawah 9 Juta

6 Rekomendasi Dash Cam Terbaik 2023, Berkendara Semakin Aman!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top